Berita Versi Bisnis Bali – Penanaman Jempiring


Berikut adalah berita yang dimuat oleh koran bisnis Bali tentang kegiatan PMHD Unwar dalam rangka HUT pemkot Denpasar XV 2007

Cerah, Prospek Budi Daya Jempiring

Denpasar (BisnisBali) –Budi daya tanaman jempiring, sebenarnya cukup mudah dan murah. Di samping itu, prospek produk dan pemanfaatan jempiring juga sangat cerah. Hal itu diungkapkan Ketua Perkumpulan Pecinta Tanaman (PPT) Cabang Kota Denpasar, Bintang Puspayoga saat memberi pelatihan budi daya dan pemanfaatan jempiring kepada keluarga Pra-KS di Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (11/2) lalu. Pelatihan yang melibatkan 5 KK Pra-KS itu, dilaksanakan di salah satu rumah keluarga Pra-KS di Br. Wangaya Kaja Desa Dauh Puri Kaja. Pelatihan melibatkan pakar budi daya jempiring PPT Kota Denpasar serta para pengurus organisasi pecinta tanaman ini.
Pelatihan langsung ke rumah-rimah KK Pra-KS ini sebagai tindak lanjut diklat budi daya dan toga yang dilaksanakan PPT Kota Denpasar beberapa waktu lalu. Menurut Bintang Puspayoga, budi daya jempiring dapat dilakukan dengan stek dan cangkok. “Bakal bibit jempiring tidak perlu yang terlalu tua atau besar, bisa mempergunakan setiap ranting yang ada asal terdiri dari minimal 3 percabangan,” jelasnya.
Bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah didapatkan, yakni tanah subur, kompos dari sampah, bawang merah sebagai perangsang tumbuh dan gelas plastik air mineral sebagai wadah. Apalagi iklim di Kota Denpasar sangat kondusif bagi budi daya tanaman maskot Kota Denpasar ini, apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini.
Bintang Puspayoga berharap, budi daya ini dapat menjadi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga pra-KS. “Pembibitan dan budi daya jempiring ini dapat dilakukan sebagai usaha sambilan yang menambah penghasilan keluarga,” jelas penggemar jempiring ini.
Hal ini dikarenakan, bibit yang dihasilkan para keluarga pra-KS ini langsung dibeli PPT Kota Denpasar. “Apalagi sekarang pemanfaatan produk olahan jempiring untuk keperluan ekonomi tengah berkembang pesat, sehingga budi daya jempiring mempunyai prospek cerah,” katanya.1.000 Jempiring
Sementara itu, PMHD Universitas Warmadewa bekerja sama dengan Pemkot Denpasar, akan menanam sekitar 1.000 pohon jempiring mulai dari Lapangan Puputan Badung hingga kampus Universitas Warmadewa, Jumat (16/2) nanti.
Menurut Ketua Panitia, Made Agus Sudiarsa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-15 Kota Denpasar. *yas

3 responses to “Berita Versi Bisnis Bali – Penanaman Jempiring

  1. Komang Sukerni

    Om Swastiastu,

    Saya adalah pemilik sebuah nursery yang baru berjalan selama satu tahun sekaligus pencinta aneka tanaman.
    Tolong minta informasi untuk bisa menjadi salah satu anggota PPT Bali.

    Terimakasih.

  2. Om Swastyastu,

    Mbak Sukerni, terima kasih atas atensinya. Untuk Info lebih lanjut tentang PPT…bisa hubungi kantor walikota Denpasar bagian Humas, pengalaman kami dulu, sering kontak dengan Ibu Walikota yang dulu dijabat oleh Ibu Bintang. Nah, saat ini, bisa minta info di bagian Humas Pemkot. Pembibitan Jempiring, lokasinya berada di Lumintang, di perempatan A.Yani dibelakang pos polisi A.Yani.

    Suksme,

    Admin

  3. perkenalkan, sy Yudwi,
    jika ingin memasarkan jempiring ke siapa y?
    mohon bantuan infonya..,
    yudwi85@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s