GEBYAR PMHD UNWAR


Satu lagi kegiatan positif dari anak-anak PMHD Unwar dalam usahanya meningkatkan aktivitas wadah organisasi. Kali ini tidak tanggung-tanggung, dengan modal keberanian dan ikhtiar yang tiada henti-hentinya menghimpun dana, Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma Universitas Warmadewa mengundang para siswa SMA dan SMK se- Bali untuk diajak berkumpul dan berkompetisi di kampus Universitas Warmadewa dalam lomba yang bernuansa budaya.

            Maksud dan tujuan dari kegiatan lomba ini, di samping mengukur tingkat keaktivan dari anggota PMHD, juga tidak kalah pentingnya adalah untuk ikut berpartisifasi dalam mempromosikan kampus Universitas Warmadewa di kalangan siswa SMA dan SMK, serta masyarakat umum. Lomba ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar yang dirangkaikan dengan HUT Pemkot Denpasar yang ke-16.

            Bidang lomba yang diperlombakan bagi para siswa SMA dan SMK tersebut meliputi Lomba Pidato Berbahasa Bali, Lomba Musikalisasi Puisi Bali, dan Lomba Tari Oleg Tambulilingan. Semua bidang lomba ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 18 Pebruari 2008, dengan peserta dari SMA dan SMK paforit dari Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Karangasem.

Lomba-lomba yang diikuti meliputi : Lomba Pidato Berbahasa Bali sebanyak 21 peserta, lomba Musikalisasi Pusi Bali sebanyak 12 tim, dan lomba tari Oleg Tambulilingan sebanyak 6 pasang. Sistem penjurian dari seluruh lomba ini mengikuti kriteria umum dan khusus yang ditangani langsung oleh para juri berkualitas Pesta Kesenian Bali (PKB) seperti dari ISI Denpasar, Balai Bahasa Propinsi Bali, Dinas Kebudayaan Propinsi Bali, dan para dosen yang mempunyai kwalifikasi di bidang lomba ini.     

            Seperti yang diharapkan, ternyata respon, antusias, minat dan semangat berkompetisi dari anak-anak SMA dan SMK sangat positif. Hal itu ditunjukkan dalam keikutsertaan dan kehadiran mereka yang membludak, bahkan ruang sidang Sri Kesari Warmadewa sebagai pusat kegiatan lomba yang berkapasitas 300 orang, dipenuhi oleh peserta dan para sporter serta masyarakat umum.Tidak sedikit yang tidak kebagian tempat dan terpaksa menyaksikan dari luar melalui pintu-pintu dan celah-celah jendela.

            Setelah bekerja keras menangani lomba ini yang dibantu oleh para Dewan Juri, ketua Panitia I Putu Gde Dharma Wijaya bersama anggota dari pagi buta sampai pukul 11 malam acara lomba ini dapat tuntas dan menghasilkan juara-juara terbaik di bidangnya seperti : Juara Lomba Pidato Berbahasa Bali Putra digondol oleh I Made Arik Wira Putra dari SMA Negeri 7 Denpasar, juara Lomba Pidato Berbahasa Bali Putri diraih oleh Ida Ayu Eka Suartika dari SMA Negeri 6 Denpasar, juara Lomba Musikalisasi Puisi Bali diraih oleh tim dari SMA Negeri 8 Denpasar, dan lomba Tari Oleg Tambulilingan diraih oleh pasangan Kadek Dwi Saputra dan Ni Wayan Nisma Jayanti dari SMK Negeri 3 Sukawati Gianyar. Dan juara-juara lainnya dari juara 2 sampai juara harapan 3 tersebar di beberapa SMA dan SMK di semua kabupaten dan kota.Mengenai hadiah yang diperebutkan berupa piala tetap dan piagam dari Walikota Denpasar, serta hadiah uang pembinaan.

 

            Kegiatan Lomba semacam ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun, tentu dengan berupaya meningkatkan secara terus-menerus baik kwalitas maupun kwantitas peserta dengan jalan menggalang kerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti Pemkot Denpasar, Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Universitas Warmadewa, SMA dan SMK se-Bali. Semoga sukses. Tentu atas bimbingan semua pihak dan wara nugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa.

           

Penulis

Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma

Universitas Warmadewa

2 responses to “GEBYAR PMHD UNWAR

  1. OSA,

    Untuk lomba-lomba seni-budaya Bali yang digelar PMHD Unwar, mohon dengan sangat agar menjadi agenda tetap. Saya usul,agar lomba-lomba itu dinamakan GEBYAR SENI & BUDAYA PMHD UNWAR
    OSSSO

    Suksme..

    Dwija

  2. Swstu….satyam eva jayate,,PMHD UNWAR sbg slh satu organisasi hindu haruslah tetap memegang teguh konsep yang sudah menjadi landasan kita berpijak slama ini..smoga PMHD UNWAR jaya slalu,,semasih UNWAR ada teruslah berkibar PMHD!!!!!! Budie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s