GEBYAR PMHD YANG Ke-2 UNIVERSITAS WARMADEWA


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa pada pengaruh yang sangat besar terhadap system budaya dan tata nilai masyarakat. Banyaknya budaya luar yang masuk ke indonesia dan pulau Bali pada khususnya telah mempengaruhi perkembangan setiap generasi. Masuknya budaya luar hendaknya kita saring dengan nilai-nilai budaya yang ada di Bali (local genius). Budaya lokal harus bisa  menjadi filter yang efektif dalam rangka mengurangi dampak negative yang ditimbulkan dari budaya luar.

Sebagai sebuah organisasi yang tumbuh dan berkembang di tanah Bali khususnya di kota Denpasar yang dipengaruhi oleh budaya Bali, dan kita ketahui bahwa pemerintah Kota Denpasar telah mencanangkan sebuah program Denpasar Berwawasan Budaya. Oleh karenanya mahasiswa yang tergabung dalam Pasemetonan Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Warmadewa (PMHD WARMADEWA) sudah selayaknya turut mendukung program tersebut melalui langkah nyata.
Langkah nyata yang diambil oleh PMHD UNWAR dalam upaya mewujudkan Denpasar yang berwawasan budaya dan menyambut Ulang Tahun Warmadewa yang ke 25 mengadakan berbagai macam kegiatan (lomba-lomba) yang bernuansa Seni Budaya,adapun tema dari kegiatan ini “MELALUI HUT PEMERINTAH KOTA DENPASAR YANG KE 17,KITA TINGKATKAN KREATIVITAS SENI BUDAYA BALI DIKALANGAN REMAJA UNTUK KEAJEGAN NILAI-NILAI KEARIFAN BUDAYA BALI ”
Dalam kegiatan ini PMHD UNWAR melibatkan SMA/SMK se-Bali sebagai peserta lomba,adapun lomba-lomba yang diselenggarakan antara lain:

√ Pidato bahasa Bali
√ Tari oleg tambulilingan
√ Menulis lontar aksara bali
√ Utsawa dharmagita
Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Februari 2009 bertempat di kampus UNIVERSITAS WARMADEWA. Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain:
 Melatih sikap kepemimpinan anggota PMHD UNWAR
 Merealisasikan program kerja PMHD UNWAR
 Menciptakan budaya bertanggung jawab dalam diri anggota
 Turut memeriahkan HUT kota Denpasar yang ke 17
 Turut memerihkan HUT UNIVERSITAS WARMADEWA yang ke 25
 Menjalin kemitraan yang sehat antara PMHD UNWAR dengan pemerintah kota Denpasar.

Antusias dari berbagai kalangan tentang acara ini sangat tinggi,hal ini dapat dilihat dari sosialisasi di media elektronik yang mendapat cukup masukan dan apresiasi dari masyarakat umum, dari peserta ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang ikut. Kerja keras panitia penyelenggara dalam mensukseskan acara ini sangat komprehensif sehingga acara ini bisa terselenggara. Dukungan dari berbagai pihak yang utamanya dari pembina PMHD UNWAR sendiri sangat membantu dari tahap awal hingga terselenggaranya acara ini.
Dalam pelaksanaan lomba ini PMHD UNWAR juga bekerjasama dengan organisasi Hindu yang ada di Denpasar,seperti KMHDI,FPMHD UNUD. Dalam kesempatan ini KMHDI menyuguhkan nyanyian berbahasa bali dan FPMHD UNUD menyumbangkan tari penyambutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s