DHARMA YATRA PASEMETONAN MAHASISWA HINDU DHARMA UNIVERSITAS WARMADEWA (PMHD UNWAR)


DHARMA YATRA PASEMETONAN MAHASISWA HINDU DHARMA UNIVERSITAS WARMADEWA
(PMHD UNWAR)

Pasemetonan Mahasiswa Hindu Dharma Warmadewa (PMHD Unwar ) baru-baru ini mengadakan perjalanan spiritual (dharma yatra) serangkaian perayaan ultah yang ke 4 dan pelantikan pengurus masa bhakti 2009/2010. Adapun yang menjadi acuan untuk melaksanakan kegiatan ini salah satunya merealisasikan program kerja oleh pengurus masa bhakti 2008/2009. Dharma yatra ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 6 bulan juni tahun 2009 yang diikuti oleh 32 orang terdiri dari anggota pmhd dan kalangan dosen universitas warmadewa.

Perjalanan ini dimulai dari pura blambangan,banyuangi jawa timur,rombongan tiba pukul 01.00 wib yang dilanjutkan dengan makan siang dan MCK sebelum melaksanakan persembahyangan, persembahyanagn dipimpin oleh pemangku setempat dengan khusuk. Perjalanan dilanjutkan menuju pura purwoharjo purwo wiseso yang masih berlokasi berdekatan dengan kawasan pura blambangan,di tempat ini rombongan disambut ramah dengan penduduk setempat yang ternyata sudah akrab dengan salah satu Pembina,suasana menjadi lebih bersahabat tanpa ada perasaan asing pada tempat tersebut. Persembahyangan dipimpin oleh seorang sulinggih,sembari rombongan menyiapkan sarana persembahyangan yang dikoordinir oleh istri Pembina.
Selesai melaksanakan persembahyangan di sana,kami melanjutkan perjalanan menuju pura tirta arum,sambutan di setiap pura yang kami kunjungi sangat hangat dan bersahaja,lebih-lebih dipura ini pengempon pura ini sangat antusias dan bersyukur terhadap kami. Persembahayangn yang dipimpin oleh mangku setempat dengan adat hindu kejawen yang kental, kami pun ikut memusatkan pikiran sejenak memuja beliau. Di sisi lain disaat kami melakukan pemujaan,pengempon pura dan para tukang yang sedang melakukan pembangunan di arel pura menyiapkan kami makan malam. Rombongan makan malam di sana dengan menu ikan laut dan lalapan yang lezat.
Perjalanan dilanjutkan menuju alas purwo yang menjadi tujuan utama rombongan. Memasuki kawasan alas purwo hari sudah petang,ditambah ditengah-tengah pepohonan yang tinggi. Perjalanan lima mobil yang mengangkut rombonganpun mulai beriringan menyusuri hutan menuju pura,jalanan yang hanya berbantalkan batu koral tidak menyurutkan niat kami untuk mencapai tujuan. Perjalanan +/- 2 jam menuju areal pura kami selesaikan dengan tanpa rintangan. Acara dilanjutkan dengan mempersiapkan pelantikan pengurus yang dilaksanakan di wantilan pura,meski ada beberapa halangan seperti kendala penerangan tidak mematahkan semangat kami tuk selalu bahu-membahu menyukseskan acara ini. Pelantikan dilakukan oleh pembantu rektor (PR) III universitas warmadewa disaksikan oleh Pembina dan anggota pmhd.
Pukul 08.00 wib kami melakukan persembahyangan bersama di alas purwo,suasana yang sepi hening dan khusuk sangat kami rasakan di tempat ini,pemangku memimpin persembahyangan melalui puja weda dan kami melakukan puja Tri Sandhya. Jam 9.00 wib rombongan dituntun oleh Pembina dan 2 orang pemangku setempat melanjutkan perjalanan spiritual menuju situs kawitan. Kami harus bersabar ditempat ini karena masih ada pemedek yang sedang melakukan pemujaan,beberapa menit menunggu kami pun dipersilakan masuk. Sejenak kami merenung,memusatkan pikiran untuk fokus memuja beliau,persembahyangan dilanjutkan dengan menghaturkan kramaning sembah berlanjut nunas tirta.
Setelah melakukan persembahyangan para wanita menyiapkan hidangan,rombonganpun makan bersama. Sejenak beristirahat obrolan kecil antara rombongan dengan pemangku setempatpun terjadi begitu saja,membuat suasana semakin bersahabat dan tanpa berbeda. Beberapa anggota pmhd melakukan rapat kecil membahas rancangan kerja secara garis besar yang dipimpin oleh ketua terpilih. Di sisi lain,Pembina dan beberapa orang kembali ke situs kawitan untuk melakukan persembahyangan,hari mulai larut dan mata kamipun mulai sayu.
Pukul 05.00 wib kami bergegas untuk melaksanakan bersih-bersih di areal pura yang didahului dengan MCK di alas purwo,kemudian kami melakukan persembahyangan untuk mepamit. Kemudian perjalanan kami lanjutkan menuju goa istana yang kami tempuh dalam 1 jam perjalanan,lokasi goa istana masih dalam kawasan alas purwo. Perjalanan dengan melewati jalan setapak dan hutan bambu kami lewati,setibanya kami dilokasi tempat yang pertama tuju bernam beji untuk melakukan penglukatan(pebersihan diri). Setibanya kami di goa istana kami menjumpai beberapa orang yang sedang melakukan pesembahan,kami melakukan persembahyangan sejenak suasana gua yang gelap diterangi dengan 2 lampu kecil ditambah sinar dari senter-senter kecil.
Perjalanan kami terakhir ditandai dengan mepamit di situs kawitan,kemudian kami bergegas pulang.

One response to “DHARMA YATRA PASEMETONAN MAHASISWA HINDU DHARMA UNIVERSITAS WARMADEWA (PMHD UNWAR)

  1. Om Swastyastu,

    Selamat kepada pengurus baru PMHD terpilih. Selamat juga karena adik-adik PMHD telah melakukan gebrakan spritual dengan menjelajah tanah jawa. Pelantikan pengurus PMHD di tanah jawa adalah fenomena langka dan layak diacungkan jempol. Tugas berat tlah menanti. Jalankan dharmaning mahasisya mahottma dengan sebaik2nya.

    Om shanti shanti shanti, Om

    Dwija

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s