Bukti Meditasi Bermanfaat Bagi Manusia


Pembaca,

Beberapa waktu lalu, admin PMHD memuat tulisan tentang pelatihan meditasi taksu di Pesraman milik Ida Pedanda Gde Made Gunung.
Berikut adalah sebuah pengakuan dari salah satu murid pesraman:

Saya adalah seorang programmer, saya aktif bergabung dalam forum2 programmer internasional, kadang-kadang saya ikut melakukan kontribusi pada sebuah opensource.
Saya selalu dituntut berpikir logis, bagi saya pribadi sangat sulit untuk menerima hal-hal yang bersifat spiritual. Sebelumnya saya salah persepsi bahwa yang akan diajarkan dalam meditasi taksu adalah hal-hal yang sangat erat dengan spiritual melupakan keduniawian dan menempatkan diri di jalan tuhan (sebagaian besar anak muda khusus nya programmer pasti belum punya keinginan untuk menjalani dunia ini).
Sekarang saya mengikuti meditasi taksu di pasraman Yoga Diparama Guhya, saya sudah mengikuti sebanyak 11 kali pertemuan, Kesan yang saya rasakan adalah:
1. Sebuah life style yang positif dan cukup modern. Tidak akan membuat anda menjadi seorang yang spritualis yang akan mengucapkan japa mantra setiap memulai pekerjaan dsb.
2. Sebuah bimbingan gerak tubuh, pernafasan dan meditasi yang mengarah pada kesehatan, bukan hal hal lain seperti kesaktian, kekebalan, kewibawaan dsb. Tapi hanya untuk kesehatan. saya banyak membaca tentang chakra energy salah satunya dari situs http://www.chakraenergy.com dimana diulas bahwa chakra sangat erat kaitannya dengan perilaku dan kesehatan, dan saya yakin bahwa apa yang diajarkan di pasraman Yoga Dhiparama Guhya bertujuan untuk mencapai keseimbangan chakra dan memberikan kesehatan.
3. Mengajarkan cara belajar yang disiplin, tepat waktu dan selalu konsisten.
4. Tidak membedakan masyarakat dari suatu lapisan, miskin, kaya, pintar, bodoh dsb. Semua diperlakukan secara sama (tidak dikenal kelas VIP atau kelas EKONOMI dsb). Setiap kelas dan tingkatan dilakukan secara sukarela dan tidak di pungut biaya. Tetapi harus dilakukan dengan Yakin, Tekun dan Disiplin.

Saya masih di tingkat dasar (penyucian) sejauh ini, ada satu hal positif yang bisa saya rasakan setalah melakukan 11 kali pertemuan:
dulu, saya selalu merasa takut kalau melakukan sembahyang di pura, pada saat-saat tertentu saya merasakan pikiran saya seperti ada yang ingin menguasai, kadang saya merasakan sebuah ketakutan yang tanpa sebab (meskipun saya berada di tempat ramai).
sekarang perasaan tersebut sudah mulai hilang, saya sudah berani melakukan sembahyang ke pura-pura, perasaan takut tanpa sebab pun sudah tidak saya rasakan lagi.
Sekarang juga saya lebih bisa berpikiran jernih, yang membantu saya dalam pekerjaan saya sebagai programmer.

Untuk kedepannya, saya ingin menghilangkan ketergantungan saya terhadap rokok. Secara lisan guru (Ida Pedanda) tidak ada mengatakan bahwa dengan mengikuti meditasi taksu bisa menghilangkan ketergantungan terhadap rokok, tapi dalam hati saya yakin, bahwa dengan energi positif yang diberikan bisa menguatkan hati saya untuk tidak tergantung terhadap rokok lagi.

Pesan saya bagi rekan-rekan yang kebetulan membaca posting ini, kalau anda mempunyai waktu tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti. karena sebenarnya “kesehatan adalah aset yang paling berharga”.

Jika ada yang tertarik bisa menghubungi:

Pasraman Yogadhiparamaguhya – Gria Gede Kemenuh Purnawati, Br.Tengah Blahbatuh Gianyar – Bali – Indonesia
Telepon: (0361) 948979 / 8649204

Regards
Ketut

2 responses to “Bukti Meditasi Bermanfaat Bagi Manusia

  1. om swastiastu
    sane wangiang tityang ratu peranda , tityang jagi metaken , ring rahina punapi wenten meditasi , no hp tityang 08123986249 , tityang meled manhe jagi nyarengin puniki suksma .
    om santi santi

  2. OSA,,
    tyang mau minta tolong nike,tiang mangkin ring bogor, driki tiang wenten masalah sekala dan niskala yang tidak ada yang mengerti,apakah wenten sane mau nolongin tiang???
    nunas nike pitulung jerone sareng sami…
    tiang kari kuliah nike.
    niki no hp titiange 081916172286
    suksma

Tinggalkan Balasan

