SMA 4 Denpasar Berjaya


Deretan Piala Gebyar PMHD IV

Pasemetonan Mahasiswa Hindu Dharma (PMHD) Unwar, Sabtu (19/2) lalu mengadakan Gebyar PMHD ke-4 di kampus Unwar. Di ajang seni dan budaya ini SMA 4 Denpasar (Foursma) tampil sebagai juara umum dan berhak atas piala bergilir Rektor Unwar.

Ketua PMHD A.A. Indra Prasetya didampingi Ketua Panitia Ade Rama Saputra mengungkapkan, Gebyar PMHD ke-4 Unwar menggandeng Pemkot Denpasar. Tahun ini Gebyar PMHD dirangkaikan dengan HUT ke-19 Pemkot Denpasar.

Gebyar PMHD diikuti siswa SMA/SMK se-Bali meliputi lomba pidato bahasa Bali, lomba lagu pop Bali, nyurat lontar aksara Bali, Utsawa Dharma Gita, tari Teruna Jaya dan karikatur.

Gebyar PHMD Unwar kali ini memperebutkan piala tetap Wali Kota dan piala bergilir Rektor Unwar. Piala bergilir Rektor Unwar berupa Naga Bhuana ini diraih SMAN 4 Denpasar setelah sukses meraih empat juara I. Di lomba pidato bahasa Bali juara I SMAN 2 Mengwi, juara II SMAN 7 dan juara III SMAN Kutsel.

Lomba karikatur SMAN 4 meraih juara I dan II, sedangkan juara III SMAN 2 Kuta. Lomba tari juara I dan II diraih SMAN 4 Singaraja, juara III SMAN 4 Denpasar. Utsawa Dharma Gita juara I (SMAN 4 Denpasar), juara II (SMAN 2 Kuta), juara III (SMAN 5 ). Lomba pop Bali putri SMAN 4 Denpasar memboyong juara I, II dan III. Di kelompok putra SMAN 4 meraih juara I dan II, juara III jatuh ke SMAN 2 Mengwi. Lomba nyurat lontar aksara Bali juara I, II dan III masing-masing diraih SMAN 1 Gianyar, SMAN 5, SMA PGRI 4 Denpasar.

Rektor Unwar Prof. Made Sukarsa usai menyerahkan piala dan hadiah mengatakan, aktivitas PMHD ini sangat kreatif karena banyak mentransfer spirit Sri Kesari Warmadewa sebagai upaya mengajegkan Bali. Transfer spirit ini membuat semua insan akademik di Unwar untuk jujur dan transparan sudah mulai menampakkan hasilnya.

Ia memuji mahasiswa Unwar tampil kompak. Bahkan, terjalin ikatan mahasiswa Hindu antarperguruan tinggi di Bali melalui media berkesenian. Untuk itu perlu dijaga hubungan baik Pemkot dan Unwar mendatang.

Wali Kota Denpasar diwakili Kadisdikpora Kota Denpasar Drs. Gusti Lanang Jelantik saat membuka acara ini mengacungkan jempol atas kreativitas PMHD Unwar. Agenda ini sesuai dengan visi membangun Pemkot Denpasar yang berwawasan budaya.

Sekolah sebagai pusat budaya, katanya, adalah strategi Pemkot Denpasar dalam mengembangkan seni budaya di kalangan para siswa. Sekaligus sebagai ajang evaluasi keterampilan yang dikembangkan di sekolah. Sebab, pembangunan nilai seni dan budaya harus disinergikan dengan akademik. Sehingga remaja ikut ambil peran dalam suasana kondusif di Denpasar. (025)

***Dikutip dari berita Bali Post tanggal 21 Pebruari 2011, hal.7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s