PMHD Unwar Gelar Seminar Nasional ‘ Teologi Dalam Kepemimpinan Hindu’


 Mahasiswa yang tergabung dalam Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa mengadakan Seminar Nasional Tri Hita Karana yang bertemakan “TEOLOGI POLITIK DALAM KEPEMIMPINAN HINDU”. Kegiatan yang merupakan bagian dari agenda kerja PMHD tahun 2015 ini adalah yang perdana dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa PMHD. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015 pukul 09:00 Wita bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Uttama Universitas Warmadewa. Kegiatan yang diprakarsai oleh PMHD di bawah naungan Universitas Wamadewa dan Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali merupakan wujud kepedulian bersama untuk menanamkan ilmu-ilmu dasar sebagai seorang pemimpin dalam Konsep Kepemimpinan Hindu juga secara tidak langsung dalam rangka mendidik calon-calon pemilih muda menjelang Pemilukada Serentak yang akan tiba beberapa bulan mendatang.

Seminar Nasional ini diikuti oleh 380 mahasiswa baik itu di internal Kampus Warmadewa maupun undangan ke Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berbasis Hindu dari kampus lain. Antusiasme peserta juga terbilang positif terbukti dari jumlah peserta yang hadir tersebut sudah memenuhi Ruangan Auditorium Kampus Warmadewa.

Berawal dari ketidak-puasan akan kinerja Pejabat Publik yang dalam hal ini adalah pejabat-pejabat publik dengan latar belakang Hindu. Karena sudah banyak Pejabat Hindu tersandung kasus yang merugikan banyak pihak dimana tegaknya Ajaran Dharma sebagai landasan dasar dalam bertindak sudah tidak ada lagi. Sebagai langkah konkrit melakukan usaha preventif (pencegahan), PMHD berinisiatif melaksanakan kegiatan Seminar Nasional ini dengan harapan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta menjadi paham bagaimana seharusnya pemimpin yang sesuai dengan Konsep Kepemimpinan Hindu.

Dalam seminar ini, PMHD Unwar mendatangkan pembicara yang berkompeten di masing-masing bidangnya. Pembicara pertama adalah Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si. (Rektor IHDN), kedua adalah Drs. I Ketut Donder, M.Ag., Ph.D(Direktur World Hindu Parisad), dan yang terakhir adalah K.S. Arsana (Ketua Hubungan Internasional PHDI)seorang tokoh Hindu yang sudah terkenal di kancah Nasional yang selanjutnya disimpulkan oleh Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda (Pimpinan Majalah Hindu Raditya, Sulinggih dan Mantan Wartawan Politik).

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 Wita yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia, sambutan Ketua Umum PMHD, sambutan Pembina PMHD, sambutan Rektor Universitas Warmadewa sekaligus membuka acara Seminar Nasional Tri Hita Karana Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa yang ditandai dengan pemukulan gong.

Pembicara pertama, Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si., membahas tentang Kepemimpinan Pola Umum yaitu bagaimana menjadi sosok pemimpin yang bisa diterima semua orang yangtidak dibatasi oleh perbedaan agama, suku, dan ras yang ada di wilayahnya.Kemudian dilanjutkan oleh Drs. I Ketut Donder, M.Ag., Ph.D menyampaikan tentang bagaimana pemimpin bisa memimpin sesuai dengan dasar-dasar ilmu Tri Hita Karana, dan pembicara ketiga adalah K.S. Arsana,  membahas tentang Kepemimpinan Pola Pendidikan bagaimanaseharusnya pemimpin memimpin dan bisa mendidik sesuai dengan kaidah-kaidah Pendidikan Kepemimpinan. Dari ketiga pembahasan materi tersebut disimpulkan oleh Ida Pandita Mpu Jaya Prema Anandatentang apa yang ketiga pembicara sebelumnya sampaikan sekaligus berpesan kepada mahasiswa-mahasiswa sebagai peserta agar bisa mengamalkan apa yang telah disampaikan para pembicara sebagai dasar menjadi pemimpin.

Kegiatan terakhir ditandai dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua PMHD dan oleh Rektor kepada para pembicara yang diiringi dengan tepuk tangan meriah dari peserta seminar, kemudian dilakukan sesi foto bersama.

Dengan berakhirnya kegiatan seminar ini semoga membawa berkah dan menjadi bekal tuntunan bagi calon-calon pemimpin muda agar senantiasa menjadikan Ajaran Dharma sebagai dasar dan landasan dalam memimpin demi tercapainya kesejahteraan organisasi yang dipimpinnya. Om Swaha.

 

Dikutip dari:

http://www.warmadewa.ac.id/index.php/baca-berita/79/Seminar-Nasional-Tri-Hita-Karana-%E2%80%9CTeologi-Dalam-Kepemimpinan-Hindu%E2%80%9D-Pasemetonan-Mahasisya-Hindu-Dharma-awalPMHDakhir-Universitas-Warmadewa#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s