Selayang Pandang


Trisula Saraswati Padmanawasanga

Trisula Saraswati Padmanawasanga

Om Swastyastu,

Om Awighnam Astu Namo Siddham!

Atas asung kertha dan Wara nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta perkenan tabik pakulun Ida bethara leluhur, Sri Kesari Warmadewa, maka dengan ini dinyatakan dideklarasikannya Pasemetonan Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Warmadewa.


Denpasar, 11 Juni 2005

ttd

Mahasiswa/i Hindu Univ. Warmadewa

—————————————————————————————————————————-

Demikian teks deklarasi Pasemetonan Mahasiswa Hindu Universitas Warmadewa atau yang lebih dikenal dengan nama PMHD Unwar. Sebelumnya, angayubagia penulis ucapkan dengan diluncurkannya situs blog resmi PMHD Unwar sebagai upaya PMHD Unwar Denpasar, menunjukkan jati diri sebagai mahasiswa Hindu yang memiliki kepribadian yang khas dalam upaya mengamalkan dharma agama, dharma negara serta penerapan Tri Dharma Perguruan tinggi.

LATAR BELAKANG PENDIRIAN PMHD UNIV.WARMADEWA

Unversitas Warmadewa sebagai salah satu pilar pendidikan tinggi di Bali memiliki historis yang erat kaitannya dengan keberadaan sejarah raja Bali Kuna, Sri Kesari Warmadewa yang menurunkan dinasti Warmadewa di Bali yang mana salah satu raja(suami-istri) yang terkenal adalah Shri Udayana Warmadewa dan Istrinya Gunapriya Dharmapatni. Tentunya berangkat dari pemikiran historis, para founding fathers Universitas ini, telah sepakat menamakan lembaga pendidikan tinggi di Bali ini, dengan nama Universitas Warmadewa, sebagai upaya mengenang nama besar leluhur yang diimplementasikan dalam wadah pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan menyandang nama besar Warmadewa, ada di pulau dewata, dengan jumlah mahasiswa Hindu yang besar, sudah selayaknyalah mahasiswa/i Hindu Unwar menyatukan tangan, menyamakan langkah dalam sebuah wadah dan gerak organisasi. Ide awal pembentukan organisasi ini, penulis awali pada tahun 2004, dengan berbincang-bincang dengan beberapa teman kampus khususnya dari teman satu fakultas yakni fakultas hukum. Pada intinya mereka sepakat dengan ide penulis, perlunya sebuah wadah bagi mahasiswa Hindu Warmadewa. Berangkat dari ide ini, dimulai dengan penyebaran kuesioner terbuka kepada segenap sivitas akademika Warmadewa tentang perlunya sebuah wadah yang menampung mahasiswa Hindu Warmadewa. Hasil kuesioner menunjukkan hampir 90% setuju. Namun, ide ini hampir saja mentok, karena kesibukan penulis di tempat kerja sehingga kesulitan membagi waktu dalam merealisasikan wadah ini.

Berbekal semangat pantang menyerah, akhirnya ide pembentukan organisasi ini kembali menghangat awal tahun 2005, dimana pada saat itu, penulis berjuang mengumpulkan teman-teman dari berbagai fakultas, diantaranya, fakultas hukum, fakultas sastra, ekonomi dan fakultas teknik. Dari serangkaian rapat yang kami lakukan kesepakatan semakin mengerucut termasuk diantaranya mengundang teman-teman dari organisasi mahasiswa Hindu KMHDI serta alumni Warmadewa untuk ikut urun pendapat. Disepakatilah sebuah nama untuk organisasi ini, Pasemetonan Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Warmadewa (PMHD UNWAR). Kemudian dipilih hari pendeklarasian dengan mempertimbangkan dewasa/hari baik menurut adat Bali yang menetapkan hari Sabtu Wage, tanggal 11 Juni 2005 sebagai hari yang tepat. Persiapan pun dilakukan dengan segala keterbatasan dengan hanya berbekal semangat puputan! Pihak rektorat Warmadewa menyambut baik pendirian ini sekaligus memberikan izin penggunaan tempat. Kami pada saat itu juga mengundang organisasi internal dan eksternal kampus, bahkan organisasi mahasiswa Islam dan Kristen juga turut kami undang, diantaranya hadir FORMASI(Forum mahasiswa Islam), KMK(Kerukunan Mahasiswa Kristen), KMHDI, FPMHD Universitas Udayana, Ashram Gandhi Puri, Pekraman Widya Santika Poltek Negeri Bali, IHDN, dan pihak rektorat Unwar. Kebetulan juga pada saat deklarasi kami kedatangan mahasiswa Hindu Malaysia yang pada waktu itu sedang berdharmayatra ke Bali.

Angayu bagia kami ucapkan kepada Hyang Widhi, Ida Bethara Sesuhunan sami, akhirnya cita-cita kami membentuk organisasi mahasiswa Hindu di Unwar terwujud. Wara nugraha Hyang, sangat kami rasakan dari awal pembentukan hingga sekarang yang mana PMHD dilanjutkan oleh adik-adik kami. Semoga Hyang Widhi merestui karma yoga ini.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om

2 responses to “Selayang Pandang

  1. Om Swastyastu,adik2 di PMHD silakan add link blog PR1 Unwar ( http://pr1unwar.wordpress.com ) dan blog Jurusan Ilmu Administrasi Fisipol Unwar (http://maukuliah.wordpress.com) dan blog Yoga (http://premadeviyoga.wordpress.com). rahajeng Saraswati lan Pagerwesi,Viva PMHD

  2. pmhd boleh gabung satu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s